Akar Transport - Mitra Setia Perjalanan AndaPiknik Asik Bawa Pulang Tas Cantik
Beranda » Wisata » Studio Alam Gamplong: Menyusuri Jejak Sejarah dan Kreativitas di Yogyakarta

Studio Alam Gamplong: Menyusuri Jejak Sejarah dan Kreativitas di Yogyakarta

Dipublish pada 23 April 2024 | Dilihat sebanyak 110 kali | Kategori: Wisata

Studio Alam Gamplong, yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, adalah sebuah destinasi wisata yang unik dan penuh sejarah. Awalnya dibangun sebagai lokasi syuting untuk film-film karya sutradara terkenal Indonesia, Hanung Bramantyo, seperti “Sultan Agung: The Untold Love Story” dan “Bumi Manusia”, Studio Alam Gamplong kini telah bertransformasi menjadi sebuah tempat wisata yang menarik bagi pengunjung dari berbagai daerah.

Sejarah dan Pengembangan

Studio Alam Gamplong dibangun pertama kali untuk keperluan syuting film “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta” dan “Bumi Manusia”. Setelah proses syuting selesai, set-set film ini tidak dirobohkan. Sebaliknya, mereka diberikan kepada Bupati Sleman dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Juli 2018 sebagai tempat wisata baru.

Daya Tarik

Salah satu daya tarik utama Studio Alam Gamplong adalah desain bangunannya yang unik dan tematik, yang menciptakan suasana retro dan historis. Pengunjung dapat menjelajahi zona-zona yang menjadi replika untuk pembuatan film, seperti Replika Kranggan Surabaya, Pecinan, Benteng VOC, dan rumah tingkat yang terbuat dari kayu. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai fotografi, karena menyediakan banyak spot foto yang instagrammable.

Terdapat beberapa spot foto yang sangat populer di Studio Alam Gamplong di Sleman, Yogyakarta. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Rumah Nyai Ontosoroh dan Annelies:
    • Rumah yang dulu berwarna merah ini kini telah menjadi biru.
    • Kesan megahnya akan terasa, dan lokasi ini sangat cocok untuk berfoto dengan latar belakang bangunan yang unik dan historis.
  2. Kendaraan Delman:
    • Terdapat delman yang biasa digunakan oleh karakter Annelies dalam film “Bumi Manusia”.
    • Warna dan bentuknya yang kece akan menunjang penampilanmu dalam foto.
  3. Benteng Zaman Belanda:
    • Bangunan ini memiliki detail mengagumkan dan mengambil setting abad ke-16.
    • Pengunjung sering berfoto di depan pintu benteng yang besar dengan sungai sebagai pembatas, menciptakan suasana zaman dulu yang menarik.
  4. Pendopo Joglo:
    • Pendopo ini merupakan bangunan khas Jawa tempo dulu yang dikelilingi pagar tinggi.
    • Lokasi ini juga menawarkan spot foto yang estetik dan bernuansa tradisional.
  5. Gerbang Keraton Karta Kerajaan Mataram:
    • Bangunan ini menghadirkan suasana abad ke-16 dan menjadi salah satu spot favorit para pengunjung.
  6. Kawasan Kampung Pecinan:
    • Tempat ini menggambarkan suasana kampung Tionghoa tempo dulu dan menawarkan banyak sudut menarik untuk berfoto.
  7. Pendopo Ageng Keraton Karta:
    • Pendopo ini berasal dari masa lampau dan memiliki arsitektur yang menarik untuk diabadikan dalam foto.

Fasilitas Studio Alam Gamplong menawarkan berbagai fasilitas untuk pengunjung, termasuk museum, galeri antik, dan area untuk berfoto dengan latar belakang bangunan historis. Selain itu, terdapat juga fasilitas untuk kegiatan seperti prewedding, sesi foto produk, dan penggunaan drone, yang semuanya memerlukan izin khusus.

Harga Tiket dan Jam Operasional Studio Alam Gamplong buka setiap hari dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk bervariasi tergantung pada zona atau tempat mana yang ingin dikunjungi, dengan beberapa area yang memerlukan tiket tambahan.

Studio Alam Gamplong adalah contoh sempurna dari bagaimana sebuah lokasi syuting dapat diubah menjadi destinasi wisata yang menarik dan edukatif. Dengan sejarahnya yang kaya dan fasilitas yang lengkap, tempat ini menawarkan pengalaman yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga memperkaya pengetahuan tentang sejarah dan perfilman Indonesia. Studio Alam Gamplong telah menjadi salah satu tempat wisata favorit di Yogyakarta yang patut dikunjungi oleh siapa saja yang tertarik dengan sejarah, arsitektur, dan perfilman.

Hubungi kami

Artikel Lainnya

Kebun Teh Nglinggo: Warisan Budaya dan Keindahan Alam di Lereng Bukit Menoreh

Dipublish pada 10 March 2024 | Dilihat sebanyak 77 kali | Kategori: Mobil, Wisata

Kebun Teh Nglinggo, terletak di lereng Bukit Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta, adalah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman unik bagi pengunjungnya. Dengan panorama kebun teh yang memukau dan sejarah yang kaya, tempat ini menjadi salah satu perkebunan teh yang paling terkenal... selengkapnya

Petualangan di Gumuk Pasir Parangtritis: Dari Sandboarding hingga Sunset

Dipublish pada 28 March 2024 | Dilihat sebanyak 72 kali | Kategori: Wisata

Gumuk Pasir Parangtritis adalah fenomena alam yang menakjubkan dan unik, terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gumuk pasir ini tidak hanya menjadi daya tarik wisata tetapi juga memiliki nilai ilmiah dan ekologis yang penting. Keunikan Gumuk Pasir Parangtritis Gumuk... selengkapnya

Heha Ocean View: Pesona Pesisir di Yogyakarta

Dipublish pada 26 April 2024 | Dilihat sebanyak 89 kali | Kategori: Wisata

HeHa Ocean View adalah destinasi wisata yang menawarkan pemandangan laut selatan dari tepi tebing di Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan konsep yang mirip dengan HeHa Sky View, tempat ini menjadi favorit bagi para pengunjung yang ingin mendapatkan foto-foto keren untuk feed Instagram. Berikut beberapa informasi penting tentang... selengkapnya

Akar Transport
Jl. Wates km 24, Ngramang, Kedungsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia
Sms/Telp : 081 233 32 7447
Whatsapp: 081 668 7447
Email : transakar@gmail.com
Admin Akar Transport
× Order Rental Mobil Disini