Akar Transport - Mitra Setia Perjalanan AndaPiknik Asik Bawa Pulang Tas Cantik
Beranda » Mobil » Keraton Yogyakarta: Warisan Budaya dan Simbol Kejayaan Jawa

Keraton Yogyakarta: Warisan Budaya dan Simbol Kejayaan Jawa

Dipublish pada 13 March 2024 | Dilihat sebanyak 24 kali | Kategori: Mobil

Keraton Yogyakarta, atau Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, adalah kompleks istana yang terletak di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ini adalah tempat tinggal Sultan Yogyakarta yang sedang berkuasa dan keluarganya. Kompleks ini merupakan pusat budaya Jawa dan memiliki museum yang menampilkan artefak kerajaan.

Sejarah Keraton Yogyakarta: Keraton Yogyakarta didirikan pada tahun 1755 sebagai hasil dari Perjanjian Giyanti, yang membagi Kerajaan Mataram Islam menjadi dua kekuasaan: Nagari Kasultanan Ngayogyakarta untuk Sri Sultan Hamengku Buwono I dan Nagari Kasunanan Surakarta untuk Pakubuwono III. Sultan Hamengku Buwono I memulai pembangunan keraton pada 9 Oktober 1755 dan resmi menempati keraton pada 7 Oktober 1756.

Arsitektur dan Kompleks Bangunan: Kompleks Keraton Yogyakarta dibagi menjadi tiga halaman utama yang membujur dari utara ke selatan, dengan setiap halaman memiliki bangunan dengan arsitektur khas dan makna simbolik yang berbeda-beda. Total luas wilayah keseluruhan keraton mencapai 144 hektar, termasuk area dalam benteng Baluwarti, alun-alun Lor, alun-alun Kidul, gapura Gladak, dan kompleks Masjid Gedhe Yogyakarta. Luas dari kedhaton (inti keraton) sendiri mencapai 13 hektar.

Peraturan Unik dan Wisata: Keraton Yogyakarta memiliki sejumlah peraturan unik yang harus ditaati oleh para wisatawan, seperti tidak berfoto membelakangi keraton atau abdi dalem karena dianggap tidak sopan. Selain itu, keraton juga merupakan objek wisata yang menarik, dengan sebagian kompleksnya berfungsi sebagai museum yang menyimpan koleksi kesultanan.

Keraton dalam Budaya Jawa: Keraton tidak hanya merupakan tempat tinggal Sultan dan keluarganya, tetapi juga simbol penting dalam budaya Jawa. Ini mencerminkan hubungan antara Tuhan, manusia, dan alam semesta, yang merupakan konsep penting dalam kepercayaan Jawa.

Keraton Yogyakarta terus memainkan peran penting dalam menjaga dan mempromosikan budaya Jawa, serta menjadi saksi bisu sejarah panjang dan kaya dari wilayah tersebut.

Hubungi kami

Artikel Lainnya

Pantai Krakal, Surga Terumbu Karang

Dipublish pada 27 February 2024 | Dilihat sebanyak 28 kali | Kategori: Pantai, Wisata

Pantai Krakal Gunungkidul adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda sedang berlibur di Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus, ombak biru yang jernih, dan batu karang besar yang eksotis. Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menarik... selengkapnya

Agrowisata Bhumi Merapi: Harmoni Edukasi dan Keindahan

Dipublish pada 23 March 2024 | Dilihat sebanyak 19 kali | Kategori: Wisata

Bhumi Merapi Park, yang terletak di kaki Gunung Merapi, Yogyakarta, adalah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman unik bagi pengunjungnya. Dengan konsep agrowisata, Bhumi Merapi Park tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga edukasi, khususnya dalam bidang pertanian dan peternakan. Berikut... selengkapnya

Pantai Timang

Dipublish pada 3 October 2017 | Dilihat sebanyak 1.527 kali | Kategori: Wisata

Pantai Timang merupakan salah satu pantai yang tersebar di wilayah Gunungkidul. Pantai ini berada di dusun Danggolo, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, berjarak kurang lebih 70km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan. Untuk menuju ke... selengkapnya

Akar Transport
Jl. Wates km 24, Ngramang, Kedungsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia
Sms/Telp : 081 233 32 7447
Whatsapp: 081 668 7447
Email : transakar@gmail.com
Admin Akar Transport
× Order Rental Mobil Disini