Akar Transport - Mitra Setia Perjalanan AndaPiknik Asik Bawa Pulang Tas Cantik
Beranda » Wisata » Taman Sari Yogyakarta: Warisan Keraton yang Menyimpan Sejarah dan Kecantikan

Taman Sari Yogyakarta: Warisan Keraton yang Menyimpan Sejarah dan Kecantikan

Dipublish pada 14 March 2024 | Dilihat sebanyak 23 kali | Kategori: Wisata

Taman Sari Yogyakarta, yang juga dikenal sebagai Taman Sari Keraton Yogyakarta, adalah sebuah situs bersejarah yang kaya akan nilai edukasi dan keindahan arsitektur. Berlokasi di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Taman Sari merupakan bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono I.

Sejarah Taman Sari Pembangunan Taman Sari dimulai pada tahun 1758 dan selesai pada tahun 1765 sebagai tanda penghargaan atas jasa permaisuri Sultan Hamengkubuwono I. Taman ini dibangun di atas lahan seluas lebih dari 10 hektar dan terdiri dari sekitar 57 bangunan yang megah, termasuk jembatan gantung, kanal air, kolam pemandian, dan lorong bawah tanah. Arsitektur Taman Sari menggabungkan elemen budaya Jawa, Eropa, Hindu, dan China, menciptakan sebuah karya yang unik dan menawan.

Daya Tarik Taman Sari Taman Sari tidak hanya menarik bagi mereka yang tertarik dengan sejarah dan arsitektur, tetapi juga bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana keraton tempo dulu. Beberapa daya tarik utama meliputi:

  1. Keindahan Arsitektur: Pengunjung dapat menyaksikan keindahan dan keunikan bangunan-bangunan yang ada, serta merasakan suasana keraton tempo dulu.
  2. Cerita dan Mitos: Taman Sari juga menyimpan berbagai cerita dan mitos yang menambah daya tariknya, seperti cerita tentang Pulau Cinta dan Masjid Sumur Gumuling.
  3. Aktivitas Menarik: Taman Sari menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan.

Di Taman Sari Yogyakarta, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menarik yang memperkaya pengalaman Anda saat berkunjung:

  1. Menjelajahi Terowongan Sumur Gumuling: Terowongan ini memiliki bentuk unik dengan desain spiral, menawarkan pengalaman eksplorasi yang berbeda1.
  2. Menikmati Keindahan Air Mancur: Di Taman Sari, terdapat kolam besar yang dikelilingi oleh bangunan kerajaan dari era Sultan Hamengkubuwono I. Di tengah kolam, Anda akan menemukan bangunan yang disebut “Umbul Binangun” atau air mancur.
  3. Berbelanja Souvenir: Ada kesempatan untuk membeli berbagai souvenir yang menggambarkan kekayaan budaya Yogyakarta sebagai kenang-kenangan atau hadiah untuk orang terkasih.

Selain itu, Taman Sari juga menawarkan spot foto yang indah, tempat bersejarah, dan merupakan tempat rekreasi yang menarik dengan lokasi yang strategis di pusat kota Jogja. Anda juga bisa berfoto-foto, berenang, berkeliling dengan becak atau andong, atau bahkan menyewa kostum keraton untuk berpenampilan seperti Sultan atau permaisuri. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk merasakan nuansa kerajaan dan sejarah yang kaya dari Yogyakarta.

Kesimpulan Taman Sari Jogja adalah sebuah permata sejarah yang memperkaya warisan budaya Yogyakarta. Dengan arsitektur yang memukau dan cerita yang melimpah, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Taman Sari tidak hanya menyajikan keindahan visual, tetapi juga pengalaman edukatif yang mendalam tentang sejarah dan budaya Jawa.

Hubungi kami

Artikel Lainnya

Kedung Pedut: Permata Tersembunyi di Kulon Progo

Dipublish pada 7 April 2024 | Dilihat sebanyak 14 kali | Kategori: Wisata

Di tengah kehijauan Kulon Progo, tersembunyi sebuah permata alam yang mempesona, Kedung Pedut. Air terjun ini bukan hanya sekadar tempat wisata, tetapi juga sebuah karya alam yang menawarkan keindahan dan kedamaian bagi setiap pengunjung yang datang. Sejarah dan Keunikan Kedung Pedut, yang... selengkapnya

Taman Sari Yogyakarta: Warisan Keraton yang Menyimpan Sejarah dan Kecantikan

Dipublish pada 14 March 2024 | Dilihat sebanyak 23 kali | Kategori: Wisata

Taman Sari Yogyakarta, yang juga dikenal sebagai Taman Sari Keraton Yogyakarta, adalah sebuah situs bersejarah yang kaya akan nilai edukasi dan keindahan arsitektur. Berlokasi di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Taman Sari merupakan bekas taman atau kebun istana... selengkapnya

Jelang Akhir Tahun, Honda Terus Kuasai Pasar SUV Dan Sedan Di Indonesia

Jelang Akhir Tahun, Honda Terus Kuasai Pasar SUV Dan Sedan Di Indonesia

Dipublish pada 17 February 2017 | Dilihat sebanyak 2.626 kali | Kategori: News

Jakarta, 15 Desember 2016 – Hingga bulan November 2016, Honda terus menguasai pasar SUV dan Sedan di Indonesia. Sejak bulan Januari hingga November 2016, Honda telah menguasai pasar SUV sebesar 48% dengan total 84.252  unit melalui Honda BR-V, HR-V 1.5L,... selengkapnya

Akar Transport
Jl. Wates km 24, Ngramang, Kedungsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia
Sms/Telp : 081 233 32 7447
Whatsapp: 081 668 7447
Email : transakar@gmail.com
Admin Akar Transport
× Order Rental Mobil Disini