Akar Transport - Mitra Setia Perjalanan AndaPiknik Asik Bawa Pulang Tas Cantik
Beranda » Wisata » Gereja Ayam: Wisata Religi dan Arsitektur yang Memukau

Gereja Ayam: Wisata Religi dan Arsitektur yang Memukau

Dipublish pada 1 April 2024 | Dilihat sebanyak 19 kali | Kategori: Wisata

Gereja Ayam, atau yang lebih dikenal sebagai Bukit Rhema, adalah sebuah bangunan unik yang terletak di dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Meskipun namanya mengandung kata ‘gereja’, bangunan ini sebenarnya berbentuk burung merpati dan bukan digunakan sebagai gereja dalam pengertian tradisional. Bangunan ini dirancang dan dibangun oleh Daniel Alamsjah pada tahun 1990-an setelah ia mendapat wahyu dalam mimpi untuk membuat rumah doa bagi semua bangsa.

Sejarah dan Arsitektur Gereja Ayam dibangun sekitar tahun 1990 dan memiliki tujuh lantai, dengan setiap lantai menceritakan aspek yang berbeda dari perjalanan spiritual manusia. Arsitektur bangunan ini sangat unik dengan bentuk yang menyerupai burung merpati, simbol perdamaian dan Roh Kudus dalam tradisi Kristen. Meskipun pembangunan sempat terhenti pada tahun 2000 karena krisis moneter, bangunan ini telah menarik banyak perhatian dan menjadi populer setelah muncul dalam film “Ada Apa dengan Cinta? 2”.

Fungsi dan Kegunaan Awalnya, Gereja Ayam dimanfaatkan sebagai tempat ibadah dan meditasi. Namun, seiring waktu, bangunan ini juga telah digunakan untuk berbagai keperluan lain, seperti panti rehabilitasi bagi anak-anak dengan kekurangan fisik, orang yang ketergantungan narkoba, dan orang dengan gangguan mental. Pada tahun 2000, Gereja Ayam sempat ditutup karena penolakan dari warga setempat, tetapi kemudian dibuka kembali sebagai tempat wisata religi dan edukasi pada tahun 2014.

Wisata dan Pengalaman Gereja Ayam menawarkan pengalaman wisata yang unik dengan kombinasi wisata religi, alam, dan edukasi. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari bukit sambil mempelajari sejarah dan makna spiritual dari bangunan tersebut. Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah saat fajar, menunggu matahari terbit, yang memberikan suasana yang sangat romantis dan damai.

Gereja Ayam menarik banyak pengunjung karena beberapa alasan:

  1. Arsitektur Unik: Bentuk bangunan yang menyerupai burung merpati, yang sering disalahartikan sebagai ayam, memberikan ciri khas yang menarik perhatian. Ini membuatnya menjadi tempat foto yang sangat Instagramable.
  2. Simbolisme Spiritual: Sebagai rumah doa yang dirancang untuk semua agama, Gereja Ayam menjadi simbol perdamaian dan kesatuan spiritual, menarik mereka yang tertarik dengan aspek-aspek ini.
  3. Pemandangan Indah: Terletak di atas bukit, pengunjung dapat menikmati matahari terbit atau terbenam yang indah, memberikan pengalaman yang tidak hanya spiritual tetapi juga estetis.
  4. Sejarah dan Cerita: Kisah pembangunan Gereja Ayam yang berawal dari mimpi dan pencerahan spiritual pemiliknya, Daniel Alamsjah, menambah dimensi naratif yang menarik bagi pengunjung.
  5. Popularitas Media: Kemunculannya dalam film “Ada Apa Dengan Cinta? 2” juga meningkatkan popularitas dan membuat banyak orang ingin mengunjungi dan melihat keunikan bangunan ini.
  6. Misteri: Ada cerita-cerita misterius yang berkaitan dengan bangunan ini, yang menambah daya tarik bagi mereka yang menyukai cerita seram atau penasaran dengan hal-hal yang tidak biasa.

Semua faktor ini bersatu untuk membuat Gereja Ayam menjadi destinasi yang menarik bagi berbagai jenis wisatawan, dari pencari spiritual hingga penggemar fotografi dan mereka yang mencari pengalaman unik.

Gereja Ayam adalah contoh dari bagaimana arsitektur dan spiritualitas dapat bersatu untuk menciptakan sebuah landmark yang tidak hanya memiliki nilai estetika tetapi juga mendalam secara spiritual. Bangunan ini mengajak kita untuk merenungkan makna perdamaian dan kesatuan di tengah perbedaan, serta menjadi simbol harapan dan inspirasi bagi banyak orang.

Hubungi kami

Artikel Lainnya

Daihatsu Luxio

Dipublish pada 4 October 2017 | Dilihat sebanyak 2.307 kali | Kategori: Mobil

    Related posts:Toyota CalyaIsuzu Elf LongToyota Innova Reborn selengkapnya

Toyota Grand Innvoa

Dipublish pada 4 October 2017 | Dilihat sebanyak 1.219 kali | Kategori: Mobil

  Related posts:Kebun Teh Nglinggo: Warisan Budaya dan Keindahan Alam di Lereng Bukit MenorehToyota CalyaToyota Fortuner selengkapnya

Mengenal Museum Gunung Merapi

Dipublish pada 24 February 2024 | Dilihat sebanyak 43 kali | Kategori: News, Wisata

Apakah Anda ingin mengenal lebih dekat Gunung Merapi, salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia? Jika iya, maka Anda tidak boleh melewatkan Museum Gunung Merapi, museum geologi yang terletak di kaki gunung tersebut. Di sini, Anda dapat melihat berbagai... selengkapnya

Akar Transport
Jl. Wates km 24, Ngramang, Kedungsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia
Sms/Telp : 081 233 32 7447
Whatsapp: 081 668 7447
Email : transakar@gmail.com
Admin Akar Transport
× Order Rental Mobil Disini