Akar Transport - Mitra Setia Perjalanan AndaPiknik Asik Bawa Pulang Tas Cantik
Beranda » Wisata » Borobudur: Mahakarya Spiritual dan Arsitektural Indonesia

Borobudur: Mahakarya Spiritual dan Arsitektural Indonesia

Dipublish pada 29 March 2024 | Dilihat sebanyak 72 kali | Kategori: Wisata

Candi Borobudur, yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, adalah salah satu monumen Buddha terbesar di dunia dan merupakan Warisan Dunia UNESCO. Dibangun pada abad ke-9 selama pemerintahan Dinasti Syailendra, candi ini adalah contoh yang menakjubkan dari arsitektur dan seni Buddha.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi dan merupakan representasi dari konsep alam semesta dalam agama Buddha. Struktur candi ini terdiri dari enam teras persegi yang di atasnya terdapat tiga teras melingkar, yang dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha. Di puncaknya, terdapat stupa utama yang besar dikelilingi oleh 72 stupa berlubang yang masing-masing berisi arca Buddha yang sedang meditasi.

Arsitektur dan Relief

Arsitektur Borobudur menggabungkan konsep mandala, yang merupakan simbol alam semesta dalam agama Hindu dan Buddha, dengan proses pencerahan Buddha. Relief-relief pada candi ini menggambarkan berbagai ajaran Buddha, termasuk kisah-kisah Jataka yang menceritakan kehidupan sebelumnya dari Buddha.

Di Candi Borobudur, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik yang akan memperkaya pengalaman Anda, seperti:

  1. Wisata Pengetahuan Budaya dan Sejarah: Menyelami pengetahuan tentang budaya dan sejarah Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia.
  2. Melihat Benda Bersejarah di Museum: Mengunjungi Museum GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia) dan Museum Kapal Samudraraksa untuk melihat artefak-artefak bersejarah.
  3. Berkeliling Candi dengan Kereta Odong-odong: Menikmati pemandangan kawasan candi dengan cara yang menyenangkan dan unik.
  4. Bersantai di Taman Lumbini: Menikmati keasrian taman yang ada di sekitar candi.
  5. Naik ke Candi Borobudur: Menikmati relief dan stupa serta pemandangan dari ketinggian candi.
  6. Mengeksplor Kawasan Sekitar: Menjelajahi kawasan di sekitar candi dan mengunjungi museum-museum terdekat.
  7. Berkunjung ke Candi Lainnya: Mengunjungi Candi Mendut yang memiliki patung Buddha dan relief dinding yang indah.
  8. Mencoba Kuliner Khas: Menikmati mangut beong, hidangan khas yang hanya bisa ditemukan di Kali Progo, Magelang.
  9. Membeli Oleh-Oleh: Memilih berbagai oleh-oleh khas, mulai dari batik hingga gantungan kunci.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti kelas membatik, membuat kerajinan tangan, belajar memahat batuan, bercocok tanam di sawah, mengolah makanan tradisional, atau sekadar berkeliling menikmati keindahan alam sekitar desa. Pastikan untuk memeriksa jam operasional dan biaya masuk sebelum berkunjung.

Wisata dan Kegiatan

Wisatawan yang berkunjung ke Borobudur dapat menikmati keindahan arsitektur candi, mempelajari sejarah dan filosofi yang terkandung dalam relief, serta menikmati pemandangan matahari terbit yang terkenal dari puncak candi. Selain itu, terdapat juga museum dan pusat pengunjung yang menyediakan informasi lebih lanjut tentang sejarah dan restorasi candi.

Konservasi dan Restorasi

Sejak penemuannya kembali pada abad ke-19, Borobudur telah mengalami serangkaian proyek restorasi, yang paling signifikan adalah restorasi besar-besaran yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 1970-an. Upaya konservasi terus dilakukan untuk memastikan bahwa generasi mendatang masih dapat menikmati warisan budaya yang tak ternilai ini.

Ada beberapa festival dan acara khusus yang diadakan di sekitar Candi Borobudur, yang menarik perhatian baik warga lokal maupun wisatawan internasional:

  1. Waisak: Ini adalah hari besar agama Buddha yang dirayakan setiap tahun pada bulan Mei. Prosesi dimulai dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur, diikuti dengan ritual dan festival lampion yang spektakuler.
  2. Borobudur Marathon: Acara tahunan ini menawarkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam sekitar candi sambil berpartisipasi dalam marathon. Ada berbagai kategori lomba yang tersedia untuk atlet profesional dan juga masyarakat umum.
  3. Festival Seni dan Budaya: Acara tahunan ini menampilkan pertunjukan seni dan budaya dari berbagai desa di kecamatan Borobudur dan beberapa kota/kabupaten di Jawa Tengah, dengan kostum warna-warni, musik merdu, dan ragam tarian.
  4. Festival Indonesia Bertutur: Festival ini meliputi berbagai kegiatan seperti Selametan, Festival Cahaya, video pemetaan seni pertunjukan dan instalasi, pertunjukan seni kontemporer, Festival Film Tari, Ruwatan Bumi, dan pameran seni rupa.

Acara-acara ini tidak hanya menawarkan pengalaman budaya yang kaya, tetapi juga kesempatan untuk lebih mengenal dan menghargai warisan budaya yang ada di sekitar Candi Borobudur. Selalu periksa tanggal dan detail acara sebelum merencanakan kunjungan Anda untuk memastikan Anda dapat mengikuti kegiatan ini.

Candi Borobudur tidak hanya merupakan tempat wisata, tetapi juga saksi bisu perkembangan peradaban dan seni di Indonesia. Keindahan dan kompleksitas candi ini terus menarik perhatian dan kekaguman dari seluruh dunia, menjadikannya salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Hubungi kami

Artikel Lainnya

Wisata Pinus Mangunan: Oase Ketenangan di Yogyakarta

Dipublish pada 2 May 2024 | Dilihat sebanyak 86 kali | Kategori: Wisata

Wisata Pinus Mangunan, terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, adalah sebuah destinasi yang menawarkan ketenangan dan keindahan alam yang memikat. Pengunjung dapat menikmati suasana hutan pinus yang masih alami dan berhawa sejuk. Lokasi dan Akses Hutan Pinus Mangunan dapat... selengkapnya

Pantai Sadranan, Surga Snorkeling di Gunung Kidul

Dipublish pada 23 February 2024 | Dilihat sebanyak 95 kali | Kategori: News, Pantai, Wisata

Pantai Sadranan, Surga Snorkeling di Gunung Kidul Jika Anda mencari tempat wisata pantai yang indah dan menantang, Pantai Sadranan di Gunung Kidul, Yogyakarta adalah pilihan yang tepat. Pantai ini menawarkan pesona bawah laut yang luar biasa, dengan berbagai terumbu karang... selengkapnya

Goa Jepang

Dipublish pada 4 October 2017 | Dilihat sebanyak 2.277 kali | Kategori: Wisata

Goa Jepang ini terletak di dusun Ngreco dan Poyahan di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 35 Km. Waktu perjalanan diperkirakan kurang lebih 30 menit dari kota yogyakarta. Goa Jepang Seloharjo yang berada di lereng Bukit Pundong, daerah ini... selengkapnya

Akar Transport
Jl. Wates km 24, Ngramang, Kedungsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia
Sms/Telp : 081 233 32 7447
Whatsapp: 081 668 7447
Email : transakar@gmail.com
Admin Akar Transport
× Order Rental Mobil Disini